Headlines News :
Home » » Ujian Nasional untuk SD di 2014 Ditiadakan

Ujian Nasional untuk SD di 2014 Ditiadakan

Monday, November 25, 2013 | 19:30

intriknews.com  Jakarta - Pemerintah meniadakan ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah dasar (SD) pada 2014. Peniadaan ini berkaitan dengan berlangsungnya pemilihan umum (pemilu) legislatif. Pemerintah menyerahkan pelaksanaan ujian bagi siswa SD kepada provinsi.

"Meskipun dilaksanakan di provinsi, tetapi standar nasional naskah soal UN tetap dijaga," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di sela-sela meninjau implementasi kurikulum 2013 di sejumlah sekolah di Bali, Sabtu (23/11).
>

"Kami tetap memberikan beberapa soal kunci sebagai bentuk standarnya. Kenapa penting? karena nanti kalau tidak ada standarnya begitu anak pindah dari satu provinsi ke provinsi lain kalau tidak memiliki standar yang sama justru akan menjadi persoalan di belakang hari," katanya.

Sedang UN SMP/MTs dan SMA/MA/SMK tahun depan akan diselenggarakan pada bulan April usai hajatan pemilu. Mendikbud mengatakan UN memiliki empat fungsi, yaitu untuk pemetaan, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, perbaikan, dan kelulusan.

"Kita tidak ingin mempertentangkan antara pemetaan dengan kelulusan semua kita rangkum jadi satu. Kami sudah berdiskusi dengan kawan-kawan MRPTN (Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri), sehingga UN ini nanti bisa dipakai untuk terus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi," katanya. (ilh/hs)

Share this post :
 
Copyright © 2011. INTRIKNEWS - All Rights Reserved